Skip to main content

PROSES BOOTING KOMPUTER

(Pengertian Booting dalam Mengoperasikan Komputer) – Booting adalah suatu proses yang terjadi saat seseorang menyalakan suatu komputer. Berikut ini urutan proses booting komputer.

Proses Booting Komputer
1.Untuk yang pertama pasti anda harus menekan tombol power pada computer ( CPU dan Monitornya ) Seketika computer dihidupkan , keadaan memori masih kosong. Saat itu masih belum ada instruksi yang bias dieksekusi oleh prosesor. Namun pengguna tidak perlu ikut memberikan intruksi karena prosesor memang dirancang untuk mencari alamat tertentu di BIOS.
2.BIOS mulao mengambil alih sebagai system operasi semntara computer, lalu akan dilanjutkan untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh galat ( Sumber Variasi Data ) pada memori, maupun device yang memang terhubung kepada computer. Pada proses inilah sering dikenal denagn POST ( Power On Self Test ).
3.Proses selanjutnya dengan BIOS mencari kartu grafis yang tertanam pada computer dan setelah nya system BIOS menjalakan kartu grafis BIOS. Tidak ketinggalan pula untuk pengecekan BIOS terhadap ROM.
4.Apabila seluruh proses pengecekan dari BIOS sudah dilakukan, kini giliran BIOS yang akan mencari system operasi yang sudah terinstal lalu memuatnya pada memori serta segera mengeksekusinya. Inilah mengapa ketika ada permasalahan pada system operasi anda, computer kemudian mengalihkannya pada visual BIOS.
5.Pada saat computer diambil alih system operasi , saat itulah pengguna mulai bias menjalankan berbagai program –program yang diinginkan.

Jenis-jenis Booting Berdasarkan prosesnya, dikenal beberapa jenis booting, yaitu:
a.cold boot
Boot yang terjadi saat komputer dari keadaan mati, kebalikan dari warm boot.
b.warm boot
Boot yang terjadi saat komputer dialiri listrik kembali dan listrik dimatikan hanya sejenak. Tujuannya mengulang kembali proses komputer dari awal. Warm boot ini biasanya terjadi disebabkan oleh software crash atau terjadi pengaturan ulang dari sistem.
c.soft boot
Boot yang dikendalikan melalui sistem.
d.hard boot
Boot yang diakukan dengan cara dipaksa.
e.reboot
Peristiwa mengulang kembali sistem dari awal. Reboot dilakukan oleh beberapa hal antara lain sistem tidak bereaksi dalam beberapa lama atau terjadi perubahan setting dari sistem.
Jadi dalam Proses Booting computer, BIOS adalah menjadi dasar utamanya. Namun sebenarnya BIOS tidak memuat system operasi, melainkan hanya memuat satu bagian dari sandi yang ada pada sector pertama. Ada beberapa penyebab mengapa computer tidak bias melakukan proses Booting dan kasus ini sering terjadi. Penyebabnya adalah terhubungnya dengan perangkat keras mulai dari harddisk, VGA, RAM yang tidak terdeteksi atau mengalami kerusakan, prosesor yang mengalami Overheat dan ada masalah lainnya.

Terimakasih sudah datang diblog databoxa, Semoga ilmu yang kami pos kan bermanfaat bagi yang membacanya dan yang berkunjung di blog databoxa.

Sumber : g-excess.com
            portal.paseban.com




Comments

Popular posts from this blog